Resume Analisis biaya produksi

 Dalam posting kali ini saya akan mencoba membahas tentang MATERI KULIAH : ANALISIS BIAYA PRODUKSI. semoga pos ini akan bisa menjawab pertanyaan pertanyaan mengenai materi ANALISIS BIAYA PRODUKSI yang belum dipahami sodara.
Biaya Produksi adalah Semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut.
Beberapa pengertian lain:
  • Biaya dalam pengertian ekonomi adalah semua “beban” yang harus ditanggung untuk menyediakan barang agar siap dipakai konsumen.
  • Dalam bidang produksi, biaya adalah “beban” yang harus ditanggung oleh produsen untuk menyelenggarakan proses produksi dinyatakan dalam bentuk uang.
  • Pengertian “beban” yang harus ditanggung meliputi semua bentuk pengeluaran uang maupun yang bukan pengeluaran uang nyata.
Metode dalam analisis Biaya Produksi. Biaya produksi yang dikeluarkan setiap perusahaan dapat dibedakan menjadi dua jenis:
  • biaya eksplisit :Pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan  factor-faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan. Contoh : biaya akuntansi, dan biaya ekonomi   
  • biaya implisit (  tersembunyi )Taksiran pengeluaran terhadap factor-faktor produksi  yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri, Contoh : biaya kesempatan
Pengeluaran yang tergolong sebagai biaya produksi antara lain adalah pembayaran untuk keahlian keusahawanan produsen, modalnya sendiri yang digunakan dalam perusahaan, dan bangunan perusahaan yang dimilikinya. Cara menaksiran pengeluaran seperti itu adalah dengan melihat pendapatan yang paling tinggi yang diperoleh apabila produsen itu bekerja di perusahaan lain, modalnya dipinjamkan atau diinvestasikan dalam kegiatan lain, dan bangunan yang dimilikinya disewakan kepada orang lain.

Golongan-golongan biaya termasuk :
  •  Biaya Expenditure / biaya eksplisit / Pengeluaran nyata. Sebagai contoh adalah pembelian tunai pakan, obat-obatan dan upah tenaga kerja.
  • Biaya Implisit / Pengeluaran yang tidak nyata. Sebagai contoh adalah penyusutan alat yang dipakai lebih dari satu tahun yaitu bangunan kandang, mesin-mesin, dan peralatan tempat pakan. Penyusutan merupakan taksiran kerugian uang karena kerusakan alat tersebut.
  •  Biaya sosial / external cost yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengganti kerugian-kerugian fisik luar akibat adanya produksi dari suatu perusahaan. Sebagai contoh yaitu biaya pencemaran lingkungan, biaya keramaian.
  • Biaya Internal / private cost yaitu biaya yang memang dikeluarkan untuk proses produksi itu sendiri. Sebagai contoh biaya pembelian pakan, obat-obatan, dan bibit ternak.
  • Biaya alternative / Opportunity cost adalah merupakan biaya ganti kerugian dari keuntungan rata-rata. Sebagai contoh jika uang yang digunakan dalam proses produksi itu sendiri dimasukkan dalam bank. Tanpa kerja dari produsen, bank akanmemberikan keuntungan berupa bunga. Bunga dari bank inilah sebagai biaya alternatif rata-rata yang harus diperhitungkan oleh produsen.
  • Biaya tetap / Fixed Cost adalah biaya yang besarnya tidak berubah total dengan berubahnya produk. Sebagai contoh adalah biaya penyusutan bangunan dan peralatan yang tahan lama (lebih dari satu tahun), bunga bank dan gaji pegawai tetap.
  • Biaya variabel / Varibel Cost adalah biaya yang totalnya berubah-ubah dengan berubahnya produk. Sebagai contoh adalah biaya pembelian pakan, upah pekerja harian, dan perbaikan peralatan dan bangunan. Biaya variabel diperlukan untuk membiayai input yang habis dipakai sekali dalam proses produksi.
Analisis biaya produksi
Analisis mengenai biaya produksi perusahaan perlu dibedakan menjadi dua:
  • Jangka Pendek, jangka waktu di mana perusahaan dapat menambah salah satu faktor produksi yang digunakan dalam faktor produksi.
  • Jangka Panjang, jangka waktu di mana semua faktor produksi dapat mengalami perubahan, yaitu jumlahnya dapat ditambah apabila pertambahan itu memang diperlukan.
Tiga Fungsi Biaya Total
  • Total (Total Cost), TC = meliputi semua perbelanjaan keatas faktor-faktor produksi yang di gunakan yang meliputi faktor produksi yang tetap jumlahnya dan yang dapat brubah dalam persamaan TC=TFC+TVC
  • Biaya  Tetap Total (Total Fixed Cost) = Biaya tetap total (TFC) yang meliputi perbelanjaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi yang tetap jumlahnya
  • Biaya berubah total (TVC) meliputi semua perbelanjaan yang digunakan untuk memperoleh faktor produksi yang dapat berubah jumlahnya 
Perilaku Biaya Produksi Jangka Pendek
  • Perubahan output menaik (Increasing return to input variable);
Fungsi output;    Q        = bX + cX2                  
 fungsi biaya;    TC    = a +bQ – cQ2                                                               
                           TVC  = bQ – CQ2  ; TFC = a                                                                 
                            AC > AVC > MC
  • Perubahan output tetap (constan return to input variable);
            Fungsi output;  Q      = bX
            fungsi biaya;   TC    = a + bQ
                                 TVC = bQ ; TFC = a
                                 AC > AVC = MC
  • Perubahan Output Menurun (Decreasing Return to input variable);
            fungsi output;  Q      = bX – cX2         
            fungsi biaya;   TC     = a + bQ +cQ2                                 
                                     TVC = bQ + cQ2 ; TFC = a                                 
                                     MC > AC > AVC
  • Perubahan Output Menaik dan Menurun (Increasing Decreasing Return to input variable);
             fungsi output;  Q     = bx + cX2 – dX3   
            fungsi biaya;    TC    =
a + bQ +cQ2                             
                                     TVC  = bQ + cQ2 ; TFC = a                             
                                     MC > AC > AVC
  • Perubahan Output Menurun (Decreasing Return to input variable);
            fungsi output;  Q       = bX – cX2         
            fungsi biaya;   TC     = a + bQ +cQ2                                 
                                     TVC = bQ + cQ2 ; TFC = a                                 
                                     MC > AC > AVC
  • Perubahan Output Menaik dan Menurun (Increasing Decreasing Return to input variable);

             fungsi output;  Q       = bx + cX2 – dX3   
            fungsi biaya;   TC     = a + bQ +cQ2                             
                                     TVC  = bQ + cQ2 ; TFC = a                             
                                      MC > AC > AVC

Ada dua cara untuk memperoleh keuntungan maksimum, yaitu :
a.       Dengan memproduksikan barang dimana perbedaan antara hasil penjualan total dengan ongkos total adalah yang paling maksimum.
b.      Dengan memproduksikan barang pada tingkat dimana hasil penjualan marginal = ongkos marginal.
     Untuk cara pertama sudah jelas. Yang perlu diterangkan adalah cara kedua, jika seorang pengusaha ingin menambah produksi, dan ongkos marginalnya adalah sama dengan penjualan marginalnya, bagaimana solusinya apakah akan dilanjutkan ? Tidak ada salahnya jika mau dilanjutkan, tetapi untungnya tidak akan bertambah ataupun berkurang, disinilah letaknya tingkat  prosuksi yang menghasilkan keuntungan yang paling maksimum.
Biaya Produksi Dalam Jangka Panjang
     Dalam biaya produksi jangka panjang, tidak lagi perlu dibedakan antara biaya tetap dan biaya variable karena perusahaan dapat menambah semua factor produksi atau input yang akan digunakannya (tidak ada biaya tetap ). Ini berarti perusahaan bukan hanya dapat menambah tenaga kerja tetapi juga dapat menambah jumlah mesin dan peralatan produksi lain nya luas tanah yang digunakan dan luasnya bangunan pabrik yang digunakan.
Cara Meminimumkan Biaya dalam Jangka panjang
     Karena dalam jangka panjang perusahaan dapat memperluas kapasitas produksinya, ia harus menentukan besarnya kapasitas pabrik(plant size) yang akan meminimumkan biaya produksi. Dalam analisis ekonomi  kapasitas pabrik digambarkan oleh kurva biaya total rata-rata (AC). Dengan demikian analisis m engenai bagaim ana produsen menganalisis kegiatan produksinya dalam usahanya meminimumkan biaya dapat di lakukan dengan memperhatikan kurva AC untuk kapasitas yang berbeda-beda.
Kurva Biaya Total Rata- Rata (long run average cost = LRAC)
            Didefenisikan sebagai kurva yang menunjukkan ongkos rata-rata yang paling minimum untuk berbagai tingkat produksi apabila perusahaan dapat selalu merubah kapasitas memproduksinya .
Skala Ekonomi Dan Tidak Ekonomi
            Kurva Ac jangka Panjang juga berbentuk u. Faktor yang menyebabkan hal itu dinamakan skala ekonomi dan skala tidak ekonomi. Skala ekonomis menyebabkan kurva AC jangka panjang yaitu kurva LRAC menurun ke bawah, penambahan produksi menyebabkan turunnya ongkos produksi. Beberapa faktor yang menimbulkan skala ekonomis :
  • Spesialisasi faktor produksi
  • Pengurangan harga bahan mentah dan kebutuhan produksi.
  • Memungkinkan barang sampingan diproduksi.
  • Mengembangkan kegiatan usaha diluar perusahaan yang berguna bagi perusahaan.
            Skala tidak Ekonomis, Jika pertambahan produksi menyebabkan ongkos rata-rata produksi bertambah tinggi. Keadaan ini diwujudkan oleh kegiatan memproduksi yang menurun efisiensinya.Wujudnya skala tidak ekonomis terutama diakibatkan oleh organisasi perusahaan yang sudah menjadi sangat besar sekali sehingga menimbulkan kerumitan di dalam mengatur dan memimpinnya.  









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia