ANALISISI FUNDAMENTAL PERUSAHAAN UNILEVER INDONESIA



ANALISISI FUNDAMENTAL PT UNILEVER INDONESIA

Faktor Ekonomi
Indikator ini merupakan indikator penting dalam analisis fundamental karena ini merupakan gambaran keseluruhan dari semua faktor fundamental yang ada.
PDB dan PNB
Pertumbuhan PDB indonesia dalam 5 tahun terakhir
 analisis fundamental unilever

Tingkat inflasi : Inflasi itu sendiri memiliki definisi melonjaknya harga-harga barang yang sifatnya relatif lama (jangka panjang) dan efeknya dapat meluas. Tingkat inflasi juga merupakan cerminan dari PDB dan PNB dalam nilai yang sebenarnya (riil) yang dapat digunakan sebagai salah satu indikator dalam analisis fundamental. PDB dan PNB riil ini seringkali digunakan para investor sebagai pembanding antara peluang dan resiko investasinya di mancanegara.Berdasarkan inflasi tahunan,tingkat inflasi saat ini sebesar 3,07% .
Suku Bunga
Tingkat Reppo Rate saat ini lebih besar dari pada tingkat inflasi dengan : Repo rate 5 % dan inflasi 3.07 %.Jika inflasi tinggi, biasanya Bank Indonesia (BI) cenderung meningkatkan suku bunga guna meredam inflasi. 
Faktor Politik
Keadaan politik suatu negara/wilayah dapat dijadikan sebagai salah satu referensi atau indikator dalam memprediksi pergerakan nilai tukar mata uang negara/wilayah tersebut.
Kebijakan tersebut pula lah yang secara tidak langsung dapat menentukan masuk/keluarnya investor, baik lokal maupun asing, dari bursa/pasar negara yang bersangkutan.Jika kita lihat nilai tukar rupiah terhadap dollar saat ini sedang mengalami penurunan dengan ( Kurs jual 13.053.00 dan Kurs beli 12.923.00.Data dari BI ). Sebagian investor, terutama yang mencoba berpikir seperti investor asing berlogika:  penurunan nilai rupiah akan membuat nilai saham di BEI dalam kurs mata uang di negara asalnya juga menurun.  Hal ini membuka kekhawatiran baru bahwa investor asing akan keluar dari BEI.
Faktor keuangan
No
Rasio
Hasil (%)
Analisa
2013
2014
1.
Return On Asset (ROA)%
71,51
40,18
PT. Unilever Tbk memiliki ROA sebesar 71,51 pada tahun 2013 dan tahun 2014 adalah sebesar 40,18.  Jika dilihat terjadi penurunan ROA.
2.
Rasio Lancar %
69,64
71,49

3.
Return On Equity (ROE) %
125,81
124,78
Pada tahun 2013 PT. Unilever Tbk memiliki ROE sebesar 125,81 lebih kecil dari ROE pada tahun 2014 yakni 124,78. Meskipun mengalami penurunan, tapi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dari modal yang dimilikinya masih cukup besar.
4.
EPS (Earning Per Share) %
701,00
752,10
PT. Unilever Tbk memiliki EPS sebesar 701,00 pada tahun 2013 dan 752,10 pada tahun 2014. Hal ini mengindikasikan kinerja PT. Unilever Tbk membaik sehingga laba yang dihasilkan meningkat .
5.
PER (Price Earning Rasio)
37,06
45,65
PT. Unilever Tbk mempunyai PER 37,06 pada tahun 2013 dan 45,65 pada tahun 2014. Jika dilihat terjadi kenaikkan.
 data  bisa dilihat disini laporan keuangan pt unilever indonesia




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia