Pengaruh budaya dalam pemasaran global



Dalam pemasaran global budaya memiliki peran yang penting ,selain itu lingkungan sosial dan budaya memiliki peran penting dalam pemasaran.Ketika perusahaan ingin memasarkan produk atau masuk dan ber-expansi  maka perusahaan  akan menghadapi lintas budaya dan sosial dalam pemasaran global.
Budaya adalah suatu aturan tatanan hidup yang mengatur nilai nilai dan norma norma suatu masyarakat yang di turunkan dari generasi ke generasi secara berkelanjutan.

Ketika perusahaan menyasar negara tujuan ,tentu perusahaan harus adaptif terhadap budaya negara tujuannya.Ada banyak contoh kegagalna perusahaan akibat tidak memperhatikan faktor budaya negara tujuannya,namun tidak sedikit pula perusahaan yang berhasil dalam ber adaptasi dengan negara tujuanya. Sebagai Contoh kasus MC Donald's di India Perusahaan yang gagal beradaptasi dengan budaya tujuannya dalam pemasaran global . Seperti yang kita ketahui MC adalah perusahaan global yang bergarak di bidang makanan cepat saji dengan produk burger dan ayam,Ketika MC Donald’s ingin memperluas pangsa pasar dan membuka cabang di India untuk pertama kalinya MC Donald’s menjual produk burger dengan menu big mac yang menggunakan daging sapi.Jika di lihat dari budaya masyarakat india yang dominan masyarakat hindu yang men “Sucikan” sapi.Mereka tidak memakan sapi sahingga terjadi penolakan terhadap MC Donald’s.
Contoh kasus MC Donald’s Keberhasilannya beradaptasi di india. Setelah sempat mendapat penolakan di india,Mc Donnald kemudian beradaptasi dan mengganti produc Bic Mac menjadi Maharaja Mac yang berisi daging ayam selain menghapus penggunaan daging sapi MC Donald’s jiga membuat menu vegetarian, dan ini adalah gerai vegetarian Mc Donald's pertama di dunia. Dengan gerai vegetarian ini maka bagi warga India beragama Islam maupun Hindu bisa makan menu bebas daging yang sama tanpa masalah.Dari sisi keagamaan umat Hindu menganggap sapi adalah hewan suci sehingga mereka tidak mau mengkonsumsi daging sapi.Sedangkan umat Islam menganggap babi sebagai hewan kotor sehingga mengharamkan daging babi.

Sumber : 
contoh artikel MC donald's di india via Kompas
Contoh Artikel Kasus MC Donald's di india via Ok Zone


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Analisis Industri : IKEA Indonesia