lingkungan perusahaan dan pengaruhnya


  Pengertian Lingkungan perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi ataupun kegiatanya.Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor eksteranal yang mempengaruhi individu,perusahaan dan masyarakat.Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan :

  • Faktor lingkungan Fisik
  • Faktor Perekonomian
  •  Faktor  hukum
  •  Faktor Pemerintah
  •   Faktor Intenasional

faktorLingkungan Fisik

Dari masalah ekonomi dan sosial,salah satu masalah yang sulit untuk diatasi dan memerlukan biaya yang besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.Bahkan di beberapa kota di Indonesia,seperti Jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besarnya polusi udara,Air,pencemaran limbah yang terlalu dekat dengan sumber air.Dampaknya dapat dirasakan dalam jangka waktu lama karena munculnya penyakit-penyakit yang diakibatan pencemaran tersebut.

         •              Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan linkunganya.Seperti yang kita rasakan sekarang,dimana kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun.Hal ini dapat disenbabkan oleh beberapa faktor yakni:
  • Semakin meningkatnya kepadatan penduduk
  • perkembangan teknologi baru yang  sangat  pesat
  • Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi
Faktor Lingkungan Perekonomian

Pemerintah membiayai pengeluaranya dari hasil peunngutan pajak. Alasan alasan bagi pemerintah untuk menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaranya yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu yang menyebabkan naiknya laju petumbuhan urbanisasi.Pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat,serta pengeluaran biaya untuk pertahanaan negara.
Pemerintah telah meningkatkan higinan dan sanitasi perorangan,terutama di daerah pedesaan Usaha tersebut dilakukan antara lain melalui pembangunan sarana air minim pedesaan,,pembangunan jembatan serta usaha pencegahan terhadap pencemaraan lingkungan.Usaha mengatasi pencemaran lingkungan telah dirintis dengan jalan melakukan pengawasan pemeriksaan higina serta sanitasi terhadap perusahaan-perusahaan,tempat-tempat penjualan makanan serta tempat umum lainya,pengamanan dengan mengunakan pestisida dan pengawasan seta pemeriksaan kualitas air minum terutama di beberapa di Kotamadya.
Setiap periode pembangunadn,pengeluaran untuk keperluan pertahanan juga semakin meningkat.apabila pemerintah dapat menekan peneluaran ini,maka kebutuhan kebutuhan yang laina akan terpenuhi.

         Penerimaan dan Pengeluaran pemerintah

Apa bila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya, maka akan terjadi defisit.Apabila pengeluaran pemerintah lebih kecil dari pengeluarannya akan terjadi yang namanya surplus.Untuk menutupi devisit ini pemerintah dapat melakukan peminjaman kepada bank-bank.Cara peminjaman yang dilakukan pemerintah ini disebut utang negara.Tidak semua pajak yang dipungut oleh pemerintah ditujukan untuk meningkatkan penghasilan.Ada beberapa pajak yang dikenakan pemerintah yaitu : 
  • Pajak tidak langsung  : Pajak ini dapat dapat dikenakan atas baran-barang seperti rokok,tembakau,minuman keras,pajak penjualan impor,cukai,bea masuk,pajak ekspor,dan sebagainya. 
  • Pajak langsung : Yang termasuk kedalam pajak langsung yaitu pajak kekayaan,pajak pendapatan,dan pajak deviden.

Faktor Lingkungan Hukum

Kegiatan suatu perusahaan berada di satu kerangka hukum,sehingga faktor hukum ini mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-tansaksi di dalam perusahaan.Manajer perusahaan harus mengambil kebijakan dengan hukum yang berlaku.
Di Indonesia ada 2 hukum yang berlaku yaitu :
1.    Hukum Publik
Hukum publik mengatur semua masalah masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan orang banyak
2.    Hukum Privat
Hukum yang mengatur tentang hal-hal yang mengatur kepentingan seseorang dan kelompok masyarakat seperti Hukum Perdata dan Hukum Dagang.

Faktor lingkungan pemerintah

Hubungan pemerintah dengan perusahan sudah berkembang dari usaha –usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi,yang ditujukan untuk membangun perekonomian yang sehat.Hubungan ini menimbulkan berbagai macam kelompok kelompok kegiatan usaha dan akan berpengaruh terhadap perubahan sumber-sumber yang harus digunakan.Berikut adalah bantuan atau perhatian yang dilakukan pemerintah terhadap kegiatan usaha.
  • Bantuan di bidang transportasi
Tidak sedikit bantuan pemerintah di bidang transportasi seperti di sektor angkutan udara Garuda Indonesia Air ( GIA),DAMRI di sektor angkutan darat,PELENI di sektor angkutan laut.Bahkan dapat memberikan daya saing yang lebih besar untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.
  •  Bantuan pada perusahaan kecil
Bantuan kepada pengusaha-pengusaha kecil dapat digolongkan ke dalam 3 bagian yaitu :
  1. Bantuan Finansial : Bantuan ini telah banyak dinikmati oleh pengusaha-pengusaha kecil atau golongan pengusaha lemah Yang dilakukan dengan pemberian penjaman kredit dengan buna yang rendah.   
  2. Bantuan pemberian Kontrakan : Di lakukan melalui pembelian hasil produksi secara langsung baik berupa jasa yang dapat mendorong kegiatan pemasaranya.   
  3. Bantuan Teknik dan Manajemen :Bantuan ini pada umumnya di berikan kepada koperasi koperasi dengan tujuan untuk meningkatkan usaha usaha para anggotanya
  • Bantuan dibidang Komunikasi
Bantuan pemerintah dibidang ini meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio,televisi,telepon,satelit dan sebagainya.Hampir seluruhnya dikuasa dan diatur oleh pemerintah.Usaha seperti ini sangat  mendorong  majunya usaha dibidang komunikasi.
Pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan menyangkut bidang transportasi,usaha kecil  dan komunikasi serta pelayanan umum.jadi peran pemerintah dibidang usaha sangatlah besar.Termasuk untuk melindungi kehidupan perekonomian pada umumya.

Faktor Lingkungan Internasional

Linkungan Internasional ini merupakan keseluruhan konsep yang sangat luas  meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.Keadaan  perekonomian nasional menjadi sangat terpengaruh dan menjadi tergantung pada masalah masalah internasional.
Beberapa negara maju seperti Amerik dan jepang memegang peranan penting dalam perekonomian dunia. Kegiatan perekonomian negara maju tersebut didukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan raksasa yang ada,yang mempunya kegiatan sebagai perusahaan multinasional.
  • Perusahaan perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)

Kebanyakan perusahaan perusahaan multinasional berasal dari negara nergar Eropa,Amerika dan Jepang.Perusahaan perusaahan memperluas pasaranya ke negara negara lain dengan tujuan untuk menampung hasil produksinya di atas  kebutuhan untuk dalam negeri.
Di Amerika sendiri telah terbentuk Central Americca Common Market yang terdiri atas seluruh negara Amerika Tengah kecuali Panama,di Amerika Latin ada yang namanya Latin American Free Trade Association terdiri atas negara Argentina,Paraguay,Peru dan Uruguay.Sedangkan di Eropa sendiri telah terbentuk Pasar Bersama Eropa (PBE).PBE ini terdiri atas negara perancis,Jerman Barat,Itali,Nederland,Belgia,Luxemburg,dan juga Inggris.Masing masing negara anggota bebas memasarkan barangnya ke negara angkota yang  lainya.Tarif yang digunakan setiap negara anggota PBE untuk setiap barang  dari negara lain semua sama besarnya.Sedangkan tarif untuk barang barang dari negara anggota ditentukan lebih rendah.Di Asia Tenggara disebut dengan Association Of South East Asian Nations (ASEAN) negara-negara yang berpartisipasi adalah Singapur,Malaysia,Indonesia,Philipina dan Muangtai,segera menyusul menjadi anggota adalah Brunei Darussalam. 
  • Ciri-ciri Perusahaan Multinasional

PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara.
Dengan defenisi ini maka  Perusahaan Mutinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu. Sebagian besar dari penanaman modal asing di negara-negara sedang berkembang diusahakan di bidang sumber daya alam, sisanya dibidang pengolahan, perdagangan, prasarana, transport, perbankan, turisme, dan jasa-jasa lainya.

  • Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional

Kebaika Perusahaan  Multinasional
        Menambah pendapantan negara berupa pajak-pajak dan royalitas dari perusahaan tersebut
        Meningkatkan taraf hidup karyawan dengan memberi gaji lebih tinggi
        Memperluas pasar faktor-faktor produksi dalam negeri seperti,bahan  baku ,tenaga kerja, dan sebagainya
        Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan pekerjaan baru
        Meningkatkan keterampilan dan kemampuan bagi para tenaga kerjanya, sebab perusahaan tersebut memiliki superioritas dalam bidang manajemen dan teknologi.
Keburuan Perusahaan Multinasional
        Semakin banyak perusahaan multinasional didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi suatu negara.Tapi jika sedikit berarti kuantitasnya tidak banyak.
        Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi suatu negara
        Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dengan memperbesar modal merupakan motif dari perusahan multinasional.

  • Lembaga-Lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional

·                    Export and Import Commission Hous
Merupakan wakil-wakil dari pembeli.Export Commission Hous menerima pesanan  dari pembeli di luar negeri,kemudian memenuhi pesanan tersebut dan menyelesaikan masalah-maslah pengeksporan.Sedangkan Import Commission Hous berperan di dalam Negeri
·                     Merchant Exporters adn Importers
Merchant Exporters adn Importers membeli barang barang dari dalam negeri dan menjualnya ke luarnegeri atau sebaliknya membeli dari luar negeri dan menjualnya di dalam negeri.
·                     Manufacturer’s Export Agents
Manufacturer’s Export Agents bertindak sebagai departemen Eksport dari sebuah perusahaan atau sekelompok perusahaan. Hubungan mereka dengan perusahaan biasanya bersiat  permanen dan ditetapkan dengan sebuah kontrak.Kontrak tersebu manyatakan tentang perusahaan menjual barang jenis tertentu keluar negeri dengan memberikan jumlah komisi.
·                     Export and Import Brokers
Makelar ( broker ) dalam kegiatan eksport Import berusaha mempertemukan pembeli dan penjual  bersama sama. Atas jerih payahnya,mereka mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi.
Barang-barang yang ditawarkan biasanya berupa gula,kapas,beras dan barang lain yang serup.

Demikian pos saya kali ini semoga bermanfaat

Terimakasih...















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia