kombis: komputer personal dan komunikasi bisnis


Komponen Dasar Komputer
Komputer memiliki dua bentuk yaitu : Portable : Komputer yang ukurannya kecil, ringan dan bisa dibawa kemana saja. Desktop : Komputer yang ukurannya besar, berat biasa digunakan dirumah atau kantor. Komponen utama komputer terdiri dari :
  • Hardware (perangkat keras),CPU,Keyboard,Monitor.
  • Software (perangkat lunak),Software untuk mengolah dat, Software untukpresentasi data,Software untuk membagi data,Software untuk utility,Software untuk bidang khusus.
         Hardware (perangkat keras)
CPU/ centran processing unit
CPU merupakan otak komputer sehingga mampu melakukan pemrosesan data.CPU terdiridari ALU dan Control Unit. ALU (Aritmetika dan Logika) berfungsi untuk :
  • Melakukan perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
  • Melakukan keputusan-keputusan operasi logika sesuai dengan instruksi program



Control Unit (Unit Pengendali), memiliki lima fungsiutama,yaitu :
1.Mengatur dan mengendalikan balat-alat input dan output
2.Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
3.Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
4.Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perban dingan logika serta mengawasi kerjadari ALU
5.Menyimpan hasil proses ke main memory

Keyboard
Keyboarad merupakan alat input umum yang digunkan dalam proses pengetikan komputer yang berisi tombol-tombol,huruf,angka dan simbol-simbol tertentu.  Ada jenis alat input langsung yang disertai dengan layar display, yaitu teleprinter terminal, financial transaction terminal, point of sale terminal, dan visual display terminal.
  • Teleprinter terminal Terdiri atas keyboard dan tampilan berupa alat cetak (printer)
  • Financial transaction terminal Terminal yang digunakan untuk transaksi-transaksi keuangan.Contoh : Penggunaan ATM
  • Point of sale terminal Digunakan disupermarket,terdiri atas keyboard untuk memasukkan data harga dan jenis barang yang dijual, layar display untuk tampilan harga, dan alat cetak untuk mencetaktan data tanda terima bagi pembeli. Alat tambahan yang digunakana dalah automatic tag reader , yaitu alat yang digunakan untuk mengenalia atau membaca label yang menempel pada barang yang ditulis dengan huruf  OCR  serta bar code.


Monitor
Merupakan layar display bagi setiap informasi yang dimasukkan ke komputer dan sekaligus dapat menayangkan hasil dari pengolahan informasI tersebut. Monitor mempunyai ukuran : 14, 15, 17, 19, 20, 32, atau 42 inci. Secara umum, berdasarkan kemampuan warna, monitor dikelompokkan kedalam 3 kelompok, yaitu :
1.Monokrom, monitor yang hanya mampu menampilkan dua warna yaitu hitam dan putih.
2.Gray-scale, merupakan jenis khusus dari monitor monokrom yang mampu menampilkan bayanagan warna abu-abu.
3.Berwarna, monitor yang mampu menampilkan warna, mulai dari 16 warna sampai dengan 1 juta wartna yang berbeda, termasuk monitor LCD. Peralatan pendukung lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kerja sebuah komputer adalah :
  • Mouse Digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar monitor.
  • Modulation-Demodulation (modem) Alat yang digunakan untuk mengorversi data dari format digital menjadi format analog sebelum dikirim melalui saluran telepon.
  • Printer Alat untuk mencetak setiapin formasi atau data yang telah diolah dalam komputer melalui media kertas baik yang menggunakan continuous form maupun individual form.
         Software (perangkat lunak)
Software untuk mengolah data.
Mencakup program pemrosesan kata (word processing), spreadsheets, dan database.Contoh program pemrosesan kata yang banyak beredar yaitu :Wordstar, Word Perfect, Microsoft Works, Microsoft word, AmiPro, dan Chi Writer.
Software untuk presentasi data.
Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi data yaitu :Corel Draw, Harvard Graphics, Lotus Freelance Plus, Microsoft Powerpoint, Ventura Publisher, Pagemaker, dan Compel Presentation.
Software untuk membagi data.
Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk membagi data yaitu :Netscape Navigator, Eudora Pro, MS Windows NT, Above LAN, Foxbase Plus LAN, Harvard Grapics LAN danXtree Net Advanced.
Software untuk utility.
Software pendukung yang bermanfaat bagi menjaga sistem operassi agar dapat bekerja dengan baik sekaligus menambah penampilan program aplikasi komputer menjadi lebih menarik antara lain : Software antivirus, theme desktop collection, wallpaper, screensaver, norton utility, remove it, norton commander, zip magic, dan win
Software untuk bidang khusus
Software yang digunakan untuk keperluan khusus yaitu :  BidangAkuntansi, MYOB Accounting, Dac Easy Accunting .BidangStatistik, SPSS, Modern Industrial Statistic . Bidang Keuangan, Budget for Success, Business nalyst Pro.Bidang produksi, POM, QSB+,Ms Project.BidangPemasaran, Marketing Advisor for Windows.Bidang SDM, Integrated Training Manager, Motivator Pro.
Personal Digital Assistant (PDA)
PDA dirancang untuk membantu tugas paramanajer yang berkaitan dengan penyediaan informasi personal. Bentuknya kecil mungil seukuran saku. Kegunaan PDA :
  • Dilengkapi dengan GPS yang bisa dipakai dalam dunia otomotif sebagai alat bantu navigasi pengemudi untuk melihat kondisi lalulintas dalam suatu perjalanan.
  • Sebagai media hiburan
  • Sebagai media penyebaran informasi dalam dunia pendidikan
Ponsel Cerdas (Smartphone)
Keunggulan :
  • Kemampuan untuk browsing internet
  • Surat elektronik (email)
  • Kamera digital resolusi tinggi
  • Fasilitas layar sentuh
  • GPS. WiFi danWiMax
  • Jaringan komunikasi 3G dan 4G
  • Keypad QWERTY, penjelajah foto, pemutar musik,
  • Pemutar video dan audio, perekam video,
  • Koneksi jaringan soosial (seperti facebook, twitter, myspace, dll)
  • Software untuk membaca dokumen.
Sistem Operasi : Windows Mobile (Microsoft), Windows Phone (Microsoft),ios (Apple), Android (Google Inc), Symbian( Nokia),Blackberry OS (RIM), WebOS (Palm/HP),MeeGo(Nokia),Maemo (Nokia), Bada (Samsung). 

Jaringan komunikasi nirkabel 3G dan 4G
Perbedaanantara 3G dan 4G :
   3G
Frekuensi Band : 1.8-2,5GHz
Forward error correction (FEC) : Turbo codes untukkoneksikesalahan
Transfer Data : Sampai 3,1mbps
LayanandanAplikasi : CDMA 2000, UMTS, EDGE, dsb
   4G
Frekuensi Band:  2-8GHz
Forward error correction (FEC) : Concatenated codes untukkoneksikesalahan
Transfer Data : Bicara 3 s/d 5 mbps potensinya mencapai 100 s/d 300 mbps
Layanan dan Aplikasi : WiMax, LTE, danWiFi 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia