modal awal seorang pebisnis sukses

 Pernahkah anda membayangka ingin menjadi SEORANG PEBISNIS SUKSES,dengan modal awal yang minimal tapi anda merasa bahwa  tidak yakin karena anda tidak terlahir dari keluarga pengusaha sukses.Coba anda lihat,diluar sana ada banyak orang yang tidak lahir dari keluarga pengusaha sukses tapi dia berhasil.Kita hanya perlu belajar dari rahasia sukses mereka.
Kebanyakan orang/ seorang menilai bahwa memiliki usaha sendiri adalah hal yang sulit. Lebih baik jangan memulai usaha jika anda bukan berasal dari keluarga pengusaha atau anda tidak mempunyai modal uang banyak untuk memulai usaha. Kira-kira seperti itu lah penilaian rata-rata masyarakat kita jika ada orang ingin memulai usaha pertamanya. Penilaian seperti ini yang membuat  rasa percaya diri calon pengusaha berkurang dan secara tidak sadar juga ikut meng-iyakan pendapat yang menyatakan bahwa untuk memulai usaha sukses harus orang yang mempunyai modal awal( uang ) materi berlimpah, kantong tebal, keturunan orang kaya, atau berasal dari keluarga pengusaha saja.Tapi kali ini saya akan membahas tentang bagaimanasih cara membangun usaha tanpa harus memiliki modal besar. Mari kita bahas satu persatu.!

  • MODAL IMPIAN. Ini modal paling penting,yang wajib dimiliki.Impian apa yg ingin Anda wujudkan dengan menjadi seorang pebisnis ? Tidak ada salahnya untuk ber andai-andai dahulu,ketika anda sedang mengimpikan usaha anda itu secara tidak sada anda akan memikirkan Bisnis apa yang akan anda jalankan ?.Bagaimana anda akan menjalankan bisnis tersebut.? Berapa keuntungan yan akan anda peroleh dari bisnis tersebu.? Bagaimana resiko dari bisnis itui ? siapa pesaing kita ?.Yang secara tidak sadar anda sedang membuat sebuah perencanaan bisnis untuk dilaksanakan.  Impian ini akan mendorong Anda untuk konsisten dalam berbisnis  dan mencapai target yang anda inginkan.  
  • Karakter pebisnis.Mental baja dan pantang menyerah.Fakta ini menunjukkan memang benar dunia usaha penuh tantangan dan risiko. Maka yang berhasil bertahan dan sukses hanya dalam jumlah sedikit yaitu orang yang bermental baja  dan pantang menyerah. Gagal bangkit lagi, gagal lagi, bangkit lagi, salah coba lagi, salah lagi, coba lagi cara lain dan seterusnya. Mereka menyadari bahwa kegagalan adalah satu paket dengan kesuksesan. jadi mereka menjadikan gagal sebagai teman sehari-hari yang harus mereka rangkul sampai akhirnya jatah kegagalan habis dan yang  tersisa hanyalah  peluang kesuksesan.   
  • Tekad kuat dan kerja keras.Sudah menjadi hukum alam bahwa sesuatu yang lebih besar akan mengalahkan sesuatu yang lebih kecil. Maka, buatlah tekad anda sekuat dan sebesar mungkin, mengalahkan rintangan apapun yang mungkin anda hadapi.  Kecewa, takut, khawatir adalah wajar dimiliki setiap orang. Tetapi jangan biarkan perasaan tersebut menguasai diri anda.  Fokuslah pada cita-cita dan kesuksesan anda di depan, pastikan anda selalu dalam jalan usaha anda.  Perbarui semangat dan tekad anda agar semakin kuat dan tak tergoyahkan.
  • Berani mengambil resiko.Pelaku usaha yang takut mengambil risiko akan cenderung  berpikir aman dan tidak berkembang. Mereka sulit untuk naik ke level yang lebih tinggi dan usahanya akan berkutat di situ-situ saja bahkan akan tergerus oleh usaha lain. Jadi, Jangan takut mengambil risiko, yang terpenting adalah menyiapkan segala sesuatunya agar pengaruh risiko menjadi minim, dan teruslah  bergerak maju untuk meningkatkan level usaha anda.
  • Disiplin dan konsisten .Tanpa disiplin, sulit bagi pelaku usaha untuk mencapai target dengan cepat. Semua pengusaha sukses memiliki disiplin yang tinggi. Di sinilah letak tantangannya. Sering sekali pelaku usaha merasa lebih longgar dan bersantai- santia terhadap peraturan yang mereka buat sendiri. Apabila hal tersebut terus berlanjut, maka secara tidak sadar akan mempengaruhi etos kerja dan berdampak buruk bagi perkembangan usaha.  
  • Kretif dan inofatif. Seorang pelaku usaha harus mampu berpikir kreatif dan inovatif. Kreatif maksudnya bisa memberikan solusi atas permasalahn dari sudut pandang yang berbeda, unik, dan orisinil. Sedangkan inovatif adalah kemampuan menciptakan suatu ide, gagasan, produk, atau jasa baru yang diminati pasar. Persaingan dunia usaha begitu ketat. Agar mampu bertahan, kita membutuhkan inovasi produk dan strategi marketing kreatif untuk menghindari persaingan yang begitu penuh. Oleh karenanya diperlukan kemampuan kreatifitas dan inovasi agar kita tidak selalu terjebak dalam persaingan pasar.     
 Mindset di kepala ini harusnya bukan cuma jualan dan untung saja .Tapi, bagaimana MEMBANTU orang dengan MANFAAT dari produk yg ditawarkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia