Analisis Teknikal Saham

Analisis Teknikal adalah analisis yang melihat berdasarkan perilaku harga sekuritas dengan melihat trend harga melalui grafik.Tujuan anlisis Teknikal adalah untuk mengambil keputusan apakah harus menjual atau membeli saham tertentu.Apabila kita melihat berdasarka Analisis Teknikal ini maka,kita bisa mengambil sebuah asumsi bahwa modal itu memiliki sebuah trend atau pola sehingga bisa diambil keputusan bahwa harga itu bisa diramalkan.Memprediksi harga berdasarkan analisis teknikal berbeda dengan analisis fundamental. Pada AnlisisTeknikal ini biasanya  terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang di masyarakat luas karena mereka memiliki asumsi atau pemikiran bahwa segala yang terjadi di luar sana akan tergambar jelas pada grafik pergerakan.



Dasar-Dasar Anlisis Teknikal
  • Sentimen apapun dapat menggerakan pasar.Karena Analisis Teknikan ini mudah terpengaruh oleh isu-isu,baik secara fundamental,politik,ekonomi dan lain lain maka akan tergambar jelas pada grafik pergerakan.
  • Harga bergerak dalam trend. Artinya, ada kecenderungan dimana harga akan terus bergerak naik ataupun turun sampai pada saatnya ia berbalik arah. Dasar dari asumsi ini adalah bentuk dari ungkapan di atas yang mengartikan trend adalah teman dan harga selalu benar. Ketika seorang trader teknikal akan melakukan risetnya, hal pertama yang akan mereka lihat adalah major trendnya, apakah itu bullish ataupun bearish. Major trend yang terjadi akan menjadi pertimbangan bagi mereka dalam memprediksi harga yang akan datang. Terlepas dari timeframe yang mereka gunakan, ketika melihat pergerakan harga secara dominan, mereka akan terus menganggap harga akan melanjutkan trendnya sampai batasan–dari suatu kondisi tertentu–yang mereka gunakan tercapai.Karena adanya gerakan sikap dan ekspektasi investor sehingga dalam hal ini tujuan dari analisis teknikan akan menjadi  "Bagaiman cara mengidentifikas titik belok tren rata-rata".
  • Pola saham akan Terus Berulang dan Akan Selalu Terulang.Artinya harga selalu bereaksi sama terhadap kondisi tersebut. Mereka yakin akan adanya siklus dalam pergerakan harga yang akan selau terulang dalam periode waktu tertentu. Hal ini disebabkan oleh sifat dasar manusia yang dari dulu sampai sekarang tetap sama dalam menanggapi pergerakan harga yang terjadi.Dalam grafik dapat ditemukan berupa “puncak dan lembah”
Jadi,sebenaryna dalam anlisis teknikal ini hal yang perlu kita pahami adalah bagaimana kita bisa mengidentifikasi titik belok dari sebuah grafik.Sehingga kita dapat mengambil keputusan apakah kita harus membeli atau menjual saham tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia