Taste Buddy,Sendok listrik elektronik penambah rasa pada makanan

pernahkah kalian berpikir ingin membuat/memiliki sebuah alat yang bisa membuat rasa makanan yang kalian makan menjadi lebih manis atau lebih asin walaupun kalian tidak sedang makan apa apa.! Kok bisa.? Jangan heran dulu di perkembangan jaman sekarang ini semua hal bisa terjadi,seperti alat yang satu ini.Sendok listrik atau Taste Buddy adalah sebuah perangkat yang memancarkan aliran listrik rendah untuk merangsang papila lidah,sehingga rasa asin atau manis dapat dirasakan walaupun sebenarnya tidak ada.Sendok listrik atau taste buddy yang mampu mengubah rasa makanan lebih asin atau lebih manis ini di ciptakan oleh tim Prof Adrian Cheok dari University of London ini akan diluncurkan di The Big Bang UK Young Scientists & Engineers Fair, Birmingham (15-18 Maret 2017).Sendok listik penambah rasa  ini  direkayasa agar sesuai dengan peralatan makan agar lebih mudah digunakan, dan sekarang peneliti sedang membuat prototipe sendok elektronik.

Dilansir dari telegraph.co.uk (13/10/16) , Prof. Cheok mengatakan pengembangan lebih lanjut diperlukan agar orang dapat menikmati rasa yang diinginkan saat makan sajian sehat. Seperti tofu rasa steak atau sayuran rasa cokelat .
Cara kerja Sendok listrik ini dengan memanfaatkan reaksi kimia yang terjadi di mulut saat makan, rasa asam dan asin dikenali reseptor dengan mendeteksi reaksi air liur dan keasaman hidrogen atau natrium. Untuk rasa manis ada saluran yang disebut TRPM5, saluran ini sensitif pada suhu, sehingga orang mengenali rasa lebih manis ketika makanan panas daripada dingin. Rasa manis dibuat dengan merubah suhu lidah dengan cepat dari 25°C ke 40°C. Perubahan suhu sendok dari 25°C-40°C dilakukan menggunakan sirkuit elektronik. Sebagai bukti dari pernyataan tersebut, misalnya rasa manis saat mengkonsumsi permen,permen tersebut akan lebih manis pada suhu yang lebih hangat. Selain itu, mereka juga mempertimbangkan bagaimana tiap orang mengenali rasa. Contohnya, orang yang suka makanan pedas dan perokok punya papila kurang sensitif sehingga butuh arus panas dan listrik lebih tinggi. Pada sendok listrik elektronik ini nantinya aka ditanamkan suatu microchip, mereka akan membuat alat dalam ukuran terkecil sehingga bisa dimasukkan dalam peralatan makan, kaleng minuman, mangkuk dan piring. Juga akan dilengkapi bluetooth yang bisa mengatur tingkat rasa yang diinginkan.
Sebagai Informasi tambahan, Tahun depan, mereka akan meneliti perilaku makan orang untuk siapkan alat makan yang tepat. Tim peneliti mengatakan mereka akan memproduksi berbagai rasa berbeda. Hal ini tentu butuh waktu mengingat beberapa bahan makanan sulit dikenali seperti perbedaan lemon dan jeruk nipis.
Kasun Thejitha Karunanayaka,salah satu peneliti, mengatakan saat ini mereka sedang mengerjakan tampilan sendok untuk dessert.
Percobaan ini awalnya hanya untuk kesenangan. Ternyata jadi jauh lebih menarik dan berpotensi positif secara sosial. Papila lidah akhirnya bisa membantu menyelamatkan nyawa dengan memungkinkan orang beralih ke pilihan makanan sehat." ujar Prof Cheok.
Tentunya kita berharap aga perangkat taste buddy atau sendok listrik ini dapa membawa manfaat yang positif,terlebih lagi untuk menikmati makanan yang lebih sehat .Misalnya bagi yang sedang diet dan penderita penyakit diabetes,sendok listrik ini tentunya akan sangat bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi pasar ( contoh kasus nike)

Pengaruh budaya dalam pemasaran global

Analisis Industri : IKEA Indonesia